- Langkah pertama adalah yang paling gampang, ganti Pilot jet dengan ukuran 17.5, dapat pake punya shogun lama. Harga tidak lebih lebih 30rb,merk thailand 50rb. Klo mau lebih terjangkau pake merek Kitaco harnganya 17,5ribuan.
- Lepas paking kepala silinder, pake 1 lapis aja yang tengah, langkah ini berarti naikin perbandingan kompresi dari standarnya 10,2 menjadi tidak lebih lebih 11,4. Langkah ini sih ke bengkel aja, misalnya sekalian pas servis besar. Klo mau naikin kompresinya lebih tinggi lagi, paking blok bawah dapat dilepas dan ga usah pake paking, cukup pake lem paking aja (yang atas tetep pake 1 paking), trik ini dah dicoba mekanik jogja dan terbukti piston gak tabrakan dengan klep ataupun ada kebocoran oli.
- Porting lubang in & out. Lubang in dan out masing-masing di gedein diameternya 1 mm Yang ini juga harus ke bengkel. Beberapa bengkel top mematok harga 300rb hingga 500rb. Tapi bengkel2 balap rumahan palingan 100rb.
- Ganti karbu (Klo ini langkah nomor 1 ga butuh), saran pake punya RX King (sebab terjangkau, dan cocok dan dapat langsung pasang ke intake manifold dan filter udara standar), spuyer dapat coba PJ 20 MJ 135, setelan udara 1,5 putaran berlawanan arah jarum jam (plis note tiap motor dapat beda2), posisi klip jarum skep di ulir nomor 2 dari atas. Opsi lain dapat juga pake punya NSR SP yakni Keihin PE 28 harga barunya 600 rbuan yang Thailand (Awas barang palsu china). Klo ganti karbu, sebaiknya juga pasang keran bensin model kompresor buat gantiin aslinya yang model vakum…biar aliran bensin lancar.
- Majuin gigi TOP 1 mata, ini berarti majuin waktu buka tutup katub masuk dan buang. Kalo mau lebih advance lagi setingannya adalah klep masuknya dimajuin 1 mata trus buangnya dimundurin 1 mata…istilah teknisnya buat nyempitin LSA-nya (Lobe Separation Angle…buat optimalkan proses pembilasan di putaran tinggi.), hasilnya juga mantap tapi bagusggangan klep harus dibikin lebih sempit (jadi in 0,07 mm dan out 0,1 mm) dari ukuran standarnya dengan tutorial mainin tebal shim-nya. Yang ini jelas mending ke bengkel aja deh…trus bengkelnya juga harus yang jago.
- Lepas saringan udara (klo dah ganti karbu), yang dilepas hanya elemen saringan udaranya aja…itu tuh yang ada ada kertas saringanya. Sedangkan boknya masih terpasang dan tersambung ke karbu . Kalo masih tetap mau andalkan karbu standar jadi saringan satndar masih dapat dipakai/dipasang tapi kertasnya di lubangi dibeberapa tempat, guntingin aja, palingan 3 lubang ukuran 0,5 x 4 cm (panjang x tinggi).
- Potong kabel koil 2 cm (untuk ngurangin resistensi kabel tidak lebih lebih 10%), Dapat dilakuin sendiri. Ingat masang kabelnya lagi harus bener2 kuat, caranya ditusukin dan diputar hingga ngedrat.
- Ganti pake busi Iridium (saran yang agak terjangkau pake merek Sindengen/SDG 30rb) hasilnya lumayan. Klo mau tetep pake busi standar juga gapapa, cuman atur lagi lubangnya jadi 0,9 – 1 mm.
- Oli pake yang khusus motor (merek apa aja yang penting asli), trus pake yang 10/40.
- Ganti knalpot free flow, saran yang terjangkau dan cukup ampuh, atau AHAU 400rb,SKR 375rb,Creampie 250rb .yang jelas tampilan jadi lebih sangar bin bengis sebab bahan knalpot dari pelat yang di pernis doang plus coklat-coklat kaya karatan …jauh dari kesan klimis yang tidak jarang ditimbulkan bila pake knalpot aluminium atau krom…hehehe…no offense ya buat yang pake knalpot mahal 2 )saran pake R9 New Mugello
terimakasih sudah membaca postingan saya.
Komentar
Posting Komentar